kumpulan berita heboh terkini

Demam Korea Melanda Indonesia

In Budaya Populer on 6 April at 07:54

Dilanda Demam Korea

Penulis: Uanda Filanika
Mahasiswa Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
January 26, 2011

Perkembangan industri di dunia hiburan meningkat pesat. Mulai dari industri perfilman sampai dengan industri musik. Salah satu industri hiburan yang masuk ke Indonesia berasal dari negeri ginseng, Korea Selatan. Industri hiburan Korea masuk ke Indonesia diawali dengan tayangan drama Korea di sebuah stasiun TV di Indonesia. Di antaranya serial Winter Sonata, Jewel in the Palace, Princess Hours. Selain mengusung alur cerita yang menarik, banyak di antaranya memunculkan aktor berbakat dan berwajah tampan sehingga penonton di Indonesia kian tertarik mengikuti kisahnya.

Selain serial drama, kehadiran boy band dan girl band Korea juga menarik perhatian remaja Indonesia. Animo mereka terhadap musik Korea yang biasa disebut K Pop ini terlihat luar biasa. Setidaknya terlihat saat digelar Indonesian Korean Week 2010 di Jakarta dan Hallyu Explotion di Malang. Rupanya, demam Korea atau Hallyu Wave ini tak hanya terjadi di Indonesia saja tetapi juga di negara Asia lainnya seperti Filipina dan Thailand.

Perpaduan tari dan suara yang bagus sangat digemari remaja masa kini. Selain, wajah tampan dan cantik ikut menunjang kepopuleran boy band dan girl band Korea, seperti Superjunior, SS501, Shinee, Wondergirl, dan SNSD. Perjuangan mereka patut dicermati. Sukses dari program magang yang diadakan agensi musik di Korea seperti SM Entertainment dan DSP Entertainment selama beberapa tahun sebelum akhirnya mereka dapat mengeluarkan album sendiri.

Tak pelak, kisah mereka juga menarik CNN World yang menurunkan fenomena Hallyu Wave dalam segment Talk Asia. Ternyata, hallyu wave menyebar ke negara di luar Korea berkat teknologi canggih macam social networking yang sedang berkembang (Facebook, Twitter, Youtube). Hal ini membuat para idola semakin dekat dengan penggemar mereka yang berada di luar Korea.

Agensi musik mereka pun juga membenarkan dengan adanya Youtube sangat membantu menyebarkan kiprah sang idola ke berbagai negara. Kepopuleran Youtube di dunia dapat menyebarkan videoklip musik terbaru dari idola mereka dengan cukup mengetikkan judul lagunya saja. Youtube membantu pasar agensi musik yang ada di luar Korea tanpa harus membuka cabang di negara tersebut. Dengan adanya Youtube, idola K-Pop banyak yang memiliki penggemar dari seluruh dunia.

Iklan

Laman: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12

  1. […] itu pandai menangis? Salah satu jawaban yang masuk akal kita dapat kita temui di artikel “Mengapa (Tidak) Menonton Film Korea?” Di situ diterangkan: Melihat orang Korea berakting di berbagai macam tema film, […]

  2. […] Pratiwi Anwar, “Mengapa (Tidak) Menonton Film Korea?“ Posted in artis Korea and tagged mengapa menangis. Bookmark the permalink. 1 Komentar […]

  3. […] itu pandai menangis? Salah satu jawaban yang masuk akal kita dapat kita temui di artikel “Mengapa (Tidak) Menonton Film Korea?” Di situ diterangkan: Melihat orang Korea berakting di berbagai macam tema film, […]

  4. kenapa budaya sendiri gak pernah di jamah, kalo budaya orang lain aja cepetnya sampe sehari aja udah merambah kemana-mana. kasian indonesia ini ckckckc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s